Iklan Banner Rejangnews.com
Rakornis TMMD ke 118, Kodam Kasuari Prioritaskan Kampung Yamboi Gunung dan Pasar Rakyat Ransiki

Rakornis TMMD ke 118, Kodam Kasuari Prioritaskan Kampung Yamboi Gunung dan Pasar Rakyat Ransiki

Rejangnews.com || Manokwari – Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 pada tahun anggaran 2023, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD melalui Video Conference (Vicon).

Rakornis tersebut dipimpin oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, yang juga menjabat sebagai Pati Bidang Perencanaan dan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD.

Kasdam Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, didampingi oleh Aster, Kapendam, dan Pabandya Wanwil Sterdam XVIII/Kasuari, mengikuti Rakornis TMMD ke-118 secara virtual pada Selasa (12/09/2023), dari ruang Poskoops di Makodam Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Lokasi sasaran pelaksanaan TMMD 118 Kodam XVIII/Kasuari akan berfokus di wilayah Kodim 1806/Manokwari Selatan, khususnya di Distrik Ransiki, Kampung Yamboi Gunung, dan Pasar Rakyat Ransiki.

Vicon ini diadakan di Aula A.H. Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, dan diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD.

Aster Kasad menekankan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah wujud sinergi lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda, dan masyarakat, yang dijalankan melalui kerja sama gotong-royong untuk memperkuat hubungan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Rakornis ini bertujuan untuk mencapai pemahaman yang seragam mengenai pelaksanaan TMMD, serta sebagai sarana koordinasi langsung dengan staf PJO TMMD, Kementerian/LPNK, dan Pemda, dengan harapan agar pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023 dapat berjalan dengan lancar,” tegasnya.

TMMD kali ini menyusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, akan dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan pendekatan perencanaan dari bawah ke atas (bottom up planning), mencakup sasaran fisik dan non-fisik.

Selain itu, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Wahidah P., S.Sos, M.Si., mengungkapkan bahwa TMMD dapat menjadi kolaborasi yang efektif dengan program pemerintah terkait penanganan dan upaya percepatan penurunan angka stunting di seluruh Indonesia.

Pada Rakornis ini, juga dilakukan evaluasi pelaksanaan TMMD ke-117 dan pemberian penghargaan kepada pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-117, yang melibatkan 50 Dandim sebagai Dansatgas TMMD dan insan media.

Adapun para pemenang dalam kategori wartawan media elektronik dan online/cetak adalah sebagai berikut:

Kategori Wartawan Media Elektronik: Juara pertama TVRI Maluku, wilayah Kodim 1510/Sula; Juara kedua TV One, wilayah Kodim 0429/Lampung Timur; Juara ketiga Inews Mataram, wilayah Kodim 1602/Lombok Tengah.

Kemudian kategori Wartawan Media Online/Cetak: Juara pertama HU. Duta, wilayah Kodim 0803/Madiun; Juara kedua Times Indonesia, wilayah Kodim 0801/Pacitan; Juara ketiga Eksisnews.com, wilayah Kodim 0207/Simalungun. (rls)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top