banner bpkd 2024-rejangnews
Kenang Pengorbanan Pahlawan, Pangdam Kasuari Pimpin Ziarah TMP Trikora

Kenang Pengorbanan Pahlawan, Pangdam Kasuari Pimpin Ziarah TMP Trikora

Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE memimpin ziarah makam pahlawan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 78 dan HUT ke 7 Kodam XVIII/Kasuari di TMP Trikora, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, pada Kamis (14/12/2023).

Ziarah rombongan diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan sejenak menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta seraya berdoa.

Lalu diakhiri dengan peletakan karangan bunga pada Tugu Makam Pahlawan Trikora, serta penaburan bunga di pusara makan para Pahlawan.

Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dan rela memperjuangkan harta dan nyawanya demi merebut Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan dan penghormatan yang layak untuk para Pahlawan yang telah banyak berkorban untuk bangsa ini,” tegas Pangdam.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para pejabat Kodam, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah, FKPPI Manokwari, dan pelajar SMAN Kasuari Nusantara serta anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika.

Untuk diketahui, sejarah singkat terkait Hari Juang TNI AD terlahir dari peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama rakyat bertempur dalam mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 lalu. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top