383 Napi Lapas Curup Diusulkan Dapat Remisi Hari Raya

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Sebanyak 383 warga binaan atau narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Curup telah diusulkan untuk mendapat remisi di hari raya idul fitri 1442 H. Demikian disampaikan, Plt. Kalapas Klas IIA Curup, Alfonsus Wisnu Ardianto Bc.Ip, pada awak media, Jum’at (16/04/2021) siang.

Remisi hari raya merupakan remisi khusus yang diberikan kepada para warga binaan yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menerima remisi. “Remisi nya pun bervariatif, dari mendapat kebebasan masa tahanan selama 15 hari, 1 bulan 15 hari dan paling tinggi remisi 2 bulan, namun kali ini tidak ada yang mendapat remisi bebas murni,” ujar Alfonsus.

Plt. Kalapas Klas IIA Curup, Alfonsus Wisnu Ardianto Bc.Ip.

Lanjutnya, remisi ini nanti akan disampaikan kepada warga binaan, usai sholat Idul Fitri. Namun, pelaksanaan nya masih seperti tahun sebelumnya, yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan, karena masih di tengah bahaya pandemi Covid-19.

Kemudian Alfonsus juga menambahkan terkait sholat tarawih di Masjid Lapas Curup, kali ini warga binaan diperkanakan untuk sholat tarawih berjama’ah, namun jama’ah nya tetap dibatasi, tiap malam secara bergiliran dibagi per 2 kamar untuk melaksanakan sholat tarawih, tapi tetap saja pihaknya belum dapat menghadirkan penceramah dari luar, karena masih status waspada virus corona, sehingga penceramah akan diisi oleh warga binaan sendiri yang dinilai mampu oleh petugas untuk memberi kultum ataupun ceramah.

“Terkait pelayanan selama bulan Ramadhan juga belum diperkenankannya keluarga untuk membesuk warga binaan, tapi pihaknya masih menerima kiriman ataupun titipan keluarga berupa makanan dan pakaian, tapi waktu penitipan hanya diberlakukan dari Pukul 15.00 wib sampai pukul 17.00 wib, selain waktu itu pihak kita tidak dapat menerimanya,” demikian Alfonsus. (Ade)

Tinggalkan Balasan