Putra Mas : Hari Pangan Sedunia 2020, Momentum Untuk Menjadi Lebih Peduli

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Seperti diketahui setiap 16 Oktober merupakan Hari Pangan Sedunia (HPS) atau World Food Day, sesuai dengan tanggal berdirinya Organisasi Pangan Dunia FAO (Food Agriculture Organization) PBB tahun 1945. Di tahun 2020 ini HPS mengangkat tema “Tanam, Pelihara, Lestarikan Bersama”.

Menanggapi hal tersebut, salah satu anggota DPRD Rejang Lebong (RL), Komisi II, Putra Mas Wigoro SE, SH, MH, mengajak masyarakat RL untuk lebih peduli, baik kepada orang lain maupun diri sendiri, terutama kepedulian terhadap pahlawan pangan yaitu para petani.

Menurutnya, bentuk kepedulian itupun bermacam – macam, baik peduli terhadap kesehatan maupun kepedulian terhadap hasil bumi para petani serta pemasaran dan harganya. “Sebagai komisi yang membidangi soal pertanian, pihaknya masih terus berupaya untuk mengoptimalkan terkait hasil pertanian di Rejang Lebong agar menjadi lebih baik kedepannya, seperti kualitas, harga dan permasalahan lainnya yang selama ini dirasakan para petani di kabupaten tercinta ini,” ujar Putra, Sabtu (17/10/2020).

Ia menambahkan, apalagi hari pangan sedunia kali ini bertepatan dengan masa pandemi Covid-19, yang menjadi tantangan bersama, tidak hanya para petani yang merasakan dampaknya, begitupun pemilik UMKM, bahkan semua rakyat merasakan dampak dari macetnya perputaran ekonomi ini.

Lanjutnya, untuk mensiasati hal tersebut, perlu adanya membangun kesadaran diri sendiri untuk bertahan di tengah ancaman Covid 19 ini. Salah satu contoh adalah bercocok tanam di halaman rumah, dengan menanam umbi-umbian, tanaman obat herbal, seperti kunyit, jahe dan lain sebagainya. “Dengan cara ini, pastinya memberikan nilai positif kepada diri kita dalam memperingati Hari Pangan Sedunia di tengah masa Pandemi Covid19,” demikian Putra Mas. (Ade)

Tinggalkan Balasan