Di Tengah Pandemi, 591 Mahasiswa IAIN Curup Resmi Sandang Gelar Sarjana S1 dan S2

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Sebanyak 591 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup resmi menyandang gelar sarjana. Demikian ditandai dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda IAIN Curup, Angkatan ke III, pada Kamis (12/11/2020) di Auditorium Perpustakaan Kampus IAIN Curup.

Disampaikan, Rektor IAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat, M. Ag., M.Pd, untuk menghindari kerumunan saat prosesi wisuda, kegiatan wisuda dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada Kamis dan Jum’at. Serta hanya mahasiswa yang diperbolehkan masuk ruangan wisuda. Sedangkan wali ataupun orang tua wisudawan hanya diperbolehkan menunggu di luar ruangan, itupun terbatas. Untuk menghindari klaster baru Covid-19.

Penyemprotan Handsanitizer, cegah penyebaran Covid-19 di ruang wisuda IAIN Curup

Masih sambung, Rahmad, dalam pelaksanaan wisuda selama 2 hari tersebut, dibagi dalam 13 sesi. Rinciannya, pada hari pertama 8 sesi dan 5 sesi nya dilanjutkan pada hari kedua. “Sebenarnya kita mau melaksanakan kegiatan wisuda ini secara online atau virtual, namun setelah berdiskusi dengan panitia dan para mahasiswa yang mau diwisuda, mereka meminta untuk dilaksanakan secara offline, setelah mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Sehingga kita laksanakan wisuda per sesi dalam 2 hari,” jelas Rahmad.

Adapun, Prodi 591 mahasiswa yang diwisudakan, adalah sebagai berikut sebanyak 522 mahasiswa Program Sarjana yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 180 mahasiswa, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 73 mahasiswa, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 22 mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 15 mahasiswa, Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 13 mahasiswa, Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) 34 mahasiswa, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) 51 mahasiswa, Prodi Perbankan Syariah (PS) 107 mahasiswa, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) 4 mahasiswa dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 25 mahasiswa.

Para Wisudawan IAIN Curup, Angkatan ke III

Kemudian sisanya mahasiswa program Pascasarjana berjumlah 68 mahasiswa yang diwisudakan yaitu, dari Prodi PAI sebanyak 12 mahasiswa, Prodi HKI sebanyak 30 mahasiswa, dan Prodi MPI sebanyak 25 mahasiswa. “Mudahan-mudahan ilmu yang didapati selama ini dapat bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin serta dapat menjadi alumni yang bermandat, bermanfaat, dan bermartabat. Ini bukanlah akhir dari sebuah perjalanan dalam pendidikan namun masih banyak hal lainnya dan potensi diri yang harus digali, untuk itu ciptakan inovasi ataupun dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” demikian Rektor IAIN Curup. (Ade)

Tinggalkan Balasan