Banjir dan Honor GAD Menjadi Keluhan Utama Saat Reses DPRD RL Dapil IV

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Anggota DPRD Rejang Lebong daerah pemilihan (IV) meliputi Kecamatan Curup Tengah, Curup Timur dan Curup Selatan menggelar Reses masa sidang I tahun 2021. Pelaksanaan reses berlangsung di Kantor Camat Curup Tengah, Sabtu (06/03/2021).

Seluruh anggota Dewan di wilayah itu menghadiri reses tersebut, yaitu Surya ST dari Fraksi PDIP, lalu Edi Irawan, SP dari fraksi Demokrat, kemudian Lukman Effendy SH dan H. Wahono SP keduanya dari Fraksi Golkar.

Selain itu dihadiri pula, Putra Mas Wigoro dari fraksi Perindo, lalu M Ali ST dari Fraksi Gerindra, Hidayatullah dari Fraksi PKS, Sanusi Pane dari fraksi PKB dan Juwita Astuti, S.Ip M.Ap dari Fraksi PAN.

Anggota DPRD Rejang Lebong Dapil IV, saat melaksanakan r Reses Masa s Sidang I tahun 2021 di kantor Camat Curup Tengah.

Pantauan Rejangnews.com, kesembilan anggota DPRD RL dapil IV tampak mendengar seluruh keluhan dan aspirasi warga di wilayah itu. Menariknya, dari seluruh warga yang bertanya, lebih tinggi presentase aspirasi yang berkenaan dengan Infrastruktur fisik daripada non fisik. Seperti, Drainase di kelurahan Talang Rimbo yang masih kerap menyebabkan banjir, begitu juga Drainase di kelurahan Tempel Rejo. Sayangnya lokasi drainase tersebut tanggung jawab pihak provinsi. Sehingga DPRD RL memilih akan berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait aspirasi tersebut.

Selain persoalan drainase juga persoalan lampu jalan banyak dikeluhkan warga. Seperti jalan lintas antara kelurahan Air Bang dan desa Air Merah yang sudah bertahun – tahun gelap gulita. “Lampu jalan akan kita upayakan, sebenarnya beberapa titik lampu jalan sudah masuk dalam pengusulan di tahun sebelumnya. Sayangnya, kita diterpa Wabah Covid-19, sehingga banyak anggaran dipangkas untuk penanggulangan Covid-19. Selain itu, pemasangan lampu jalan juga kerap berisiko terkait keamanannya, lantaran harga per unit nya cukup tinggi, sehingga menjadi sasaran empuk bagi para pencuri,” ungkap Surya saat menjawab pertanyaan warga terkait lampu jalan.

Waka I DPRD Rejang Lebong, Surya ST didampingi Camat Curup Tengah, Zulkarnain, saat diwawancarai awak media usai Reses berlangsung.

Tidak hanya drainase dan lampu jalan yang menjadi aspirasi warga untuk direalisasikan, tapi berkenaan dengan peningkatan jalan hotmix dan Pagar Kuburan serta Kantor Lurah Talang Rimbo Baru juga menjadi harapan warga agar segera diperbaiki.

Selain persoalan fisik, warga juga mempertanyakan persoalan program Guru Agama Desa (GAD) yang selama 2 bulan terakhir honor mereka belum dibayar. Namun, persoalan tersebut langsung dijawab oleh Hidayatullah, yang mengatakan program GAD akan dilanjutkan kembali dalam program kabupaten Relegius. “Kalau terkait belum dibayar honornya, nanti akan kami koordinasikan dan mencari solusinya,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah utusan OPD Rejang Lebong. Yakni, Camat Curup Tengah Zulkarnain, Kadis Dinsos RL Zulfan Effendi, Kadis Dinkes RL Syamsir dan Kabid Perumahan dan Pemukiman Dinas PUPR RL Wilujeng Sri Wahyuni. Selain itu dihadiri pula oleh beberapa Lurah dan ratusan perwakilan warga dari masing – masing kelurahan dan desa di wilayah Dapil IV.

Kegiatan Reses DPRD Rejang Lebong, Dapil IV, Masa Sidang 1 tahun 2021 ini.

Surya ST saat diwawancara awak media menyampaikan, sebenarnya reses kali ini tidak hanya terfokus pada infrastruktur fisik saja, ada juga persoalan non fisik seperti honor perangkat desa dan pemberdayaan UMKM. “Aspirasi warga saat Reses ini akan kita sampaikan saat Musrembang kabupaten nanti, termasuk hasil dari Musrembang desa, kelurahan dan kecamatan sebelumnya, supaya nanti terkoneksi dengan lainnya, yang akan disampaikan pula saat Musrembang Provinsi, mudah- mudahan aspirasi ataupun usulan ini dapat terealisasi,” tutup Surya. (Ade)

Tinggalkan Balasan