Iklan Banner Rejangnews.com
Bangun Sinergitas Pengawasan Pemilu, Bawaslu Rejang Lebong Gelar Rakor

Bangun Sinergitas Pengawasan Pemilu, Bawaslu Rejang Lebong Gelar Rakor

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Dalam rangka membangun sinergi antara semua pihak yang terlibat dalam pengawasan tahapan kampanye. Bawaslu Rejang Lebong (RL) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan pada Masa Kampanye Pemilu Tahun 2024 di Hotel Syakila, Kamis (14/12/2023).

Disampaikan Ketua Bawaslu RL, Ahmad Ali S.Ps.I, SP melalui Kasubag Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, dan Hukum Syakirin, S.Sos, tahapan kampanye tentu memiliki potensi kerawanan yang perlu diwaspadai. Seperti pelanggaran kode etik, penyalahgunaan sumber daya, penyebaran hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan intimidasi.

“Oleh karena itu, peran pengawas pemilu sangat dibutuhkan untuk mengawal tahapan kampanye agar berjalan sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku,” ujarnya dalam sambutan serta membuka kegiatan tersebut.

Syakirin melanjutkan, Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, meningkatkan kapasitas, dan membangun sinergi antara semua pihak yang terlibat dalam pengawasan tahapan kampanye.

“Saya berharap, melalui rapat koordinasi ini, kita dapat menyusun strategi, mekanisme, dan langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawas pemilu,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) KPID Provinsi Bengkulu, Indah Budiyanti selaku narasumber menyampaikan, dalam 14 hari kampanye di media elektronik seperti televisi dan radio, masyarakat diminta untuk mengawasi penyiarannya.

“Masyarakat berhak mengkritisi dan mengawasi penyiaran, apalagi di momen Pemilu saat ini, serta dapat memberikan saran dengan bersurat ke KPID, bukan mengkritisi melalui media sosial,” jelas Indah.

Selain pihak KPID Bengkulu yang menjadi narasumber, pihak KPU Provinsi Bengkulu juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut dengan materi mekanisme dan tata cara Pemilu 2024.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, pihak Polres RL, Kodim 0409/RL, Dinas Perhubungan RL, Satpol PP RL dan para pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) se-kabupaten Rejang Lebong. (Ade)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top