Pangdam Kasuari Hadiri Pembukaan MTQ Ke IX Papua Barat

Rejangnews.com || Sorong Selatan – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., hadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – IX tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2022, di lapangan Trinati, Jln. Sengget, Kelurahan Kaibus, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua, Sabtu (7/5/2021).

Gelaran MTQ kali ini mengusung tema yaitu “Melalui MTQ Kita Merajut Silahturahmi Antar Umat Beragama Dalam Kebhinekaan Demi Mewujudkan Nilai-Nilai Al-Quran”.

MTQ ini digelar dalam rangka menyeleksi Qori ataupun Qoriah dan Hafiz dan Hafizah terbaik dari seluruh Kabupaten dan Kota yang nantinya diutus mewakili Provinsi Papua Barat pada MTQ Nasional di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022.

Bupati Sorong Selatan Samsudi Anggiluli, S.E, M.Tr, Ap., menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tinginya kepada bapak Gubernur Papua Barat dan ketua LPTQ Provinsi Papua Barat atas kepercayaan yang di berikan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Ke- IX tingkat Provinsi Papua Barat.

“Kegiatan MTQ dan Tahfiz Alquran yang telah membudaya di tanah air kita, terutama MTQ dan STQ memberikan angin segar bagi umat Islam untuk lebih giat mempelajari, memahami dan mencintai Alquran sebagai petunjuk hidup yang mengeluarkan manusia dari kegelapan dan kemusyrikan,” tutur Bupati Sorsel.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dalam sambutannya menekankan agar MTQ ke IX Tingkat Provinsi Papua Barat dalam pelaksanaanya tetap mematuhi protokol kesehatan. “Umat Muslim agar dapat mengamalkan nilai-nilai dari Al Quran, terlebih setelah pelaksanaan MTQ. Agar saling menjaga kerukunan antar umat beragama sebagaimana telah terjalin dengan baik. Selain itu, MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat juga sebagai sarana persiapan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional,” Harap Gubernur.

Sebagai informasi, jumlah Khafila MTQ ke- IX dari Kabupaten/Kota adalah Kota Sorong 88 orang, Kabupaten Sorong 34 orang, Kabupaten Maybrat 45 orang, Kabupaten Sorong Selatan 54 orang, Kabupaten Tambrauw 84 orang, Kabupaten Manokwari 56 orang, Kabupaten Pegunungan Arfak 15 orang, Kabupaten Fakfak 96 orang, Kabupaten Kaimana 73 orang, Kabupaten Teluk Bintuni 79 orang, Kabupaten Manokwari Selatan 36 orang, Kabupaten Teluk Wondama 45 orang dan Kabupaten Raja Ampat 57 orang.

Selain Pangdam, acara ini juga dihadiri Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Kabinda Papua Barat Brigjen TNI Vincentius Setiawan Bayu Susetyo S.I.P, M. Si.(Han)., Wakil Gubernur Papua Barat selaku Ketua LPTQ Papua Barat Mohamad Lakotani, S.H., M.Si., Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Eko Susetio MM, MTr (Han)., Danrem 181/PVT Brigjen TNI Wawan Erawan, S.E., M.M., dan Kadispen Koarmada III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat, S.Sos. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan