banner bpkd 2024-rejangnews
Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Oleh: Rocky Kaprawi (Mahasiswa KPI IAIN CURUP)

Sistem pemerintahan Negara Indonesia adalah demokrasi. Pada masa Reformasi tahun 1998 Indonesia sudah melakukan pemilihan umum bebas dan adil, baik pemilihan Presiden, Parlemen, maupun Kepala Daerah.

Partisipasi masyarakat termasuk dalam proses demokrasi di Indonesia sangat meningkat dengan berjalan nya waktu. Masyarakat ikut aktif dalam pemilihan umum dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan politik, seperti rapat umum, demonstrasi dan kampanye.

Beberapa masyarakat yang termasuk ke dalam kelompok organisasi non pemerintah juga aktif terlibat seperti menjadi peneliti dan lembaga survei. Tujuan berjalannya Penelitian dan survey adalah untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan, demokrasi dan isu isu politik yang ada di Indonesia. Sehingga masyarakat akan mengerti terkait sistem demokrasi di Negara Indonesia.

Seperti diketahui di tahun 2024 mendatang akan ada proses demokrasi yang sudah ditetapkan, yaitu Pemilu serentak untuk memilih DPR dan Presiden serta disusul pemilihan Kepala Daerah di tahun 2025.

2 komentar untuk “Demokrasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top