600 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, Laksanakan PPL Berbasis Tempat Tinggal

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa tingkat akhir merupakan suatu keharusan, untuk meningkatkan skill ataupun keterampilan serta profesionalisme mahasiswa dalam bidang keilmuan yang ditekuni. Apalagi, dalam akademik, biasanya PPL memiliki bobot 4 SKS yang dianggap penting sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana. Meskipun demikian, di masa pandemi Covid-19 ini, PPL tetap harus dilaksanakan.

Seperti, PPL mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup yang mulai berlangsung sejak 5 Oktober 2020. PPL angkatan ketiga Fakultas Tarbiyah IAIN Curup ini, diikuti oleh 600 mahasiswa dari 9 Program Studi yang ada. “Bahkan, hingga hari ini masih ada penambahan mahasiswa lainnya yang mau mengikuti PPL, dan pihak kita pun masih mengakomodir nya,” terang Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, Dr H Ifnaldi, M.Pd melalui Wakil Dekan I, sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan PPL Angkatan III, H Abdulrahman M.Pd, pada Rejangnews.com, Jum’at (09/10/2020).

Dijelaskan Abdulrahman, lantaran PPL masih di tengah masa pandemi Covid-19, sehingga ada beberapa kebijakan baru dalam pelaksanaannya, seperti lokasi PPL, kali ini berbasis tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan dapat mengajukan sendiri tempat pelaksanaan PPL nya ke pihak panitia.

Lanjutnya, secara keseluruhan PPL kali ini terdapat 73 kelompok yang tersebar di berbagai kabupaten. Seperti, di Rejang Lebong sendiri terdapat 60 kelompok, kemudian, kabupaten Lebong terdapat 4 kelompok, lalu di kabupaten Musirawas dan Muaraenim provinsi Sumatera Selatan, masing – masing ada 1 kelompok. Sisanya, tersebar di kabupaten Kepahiang.

Waka Dekan I, Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, Abdulrahman M.Pd

Masih sambung, Abdulrahman, pelaksanaan PPL kali ini berlangsung selama 2 bulan, terhitung sejak 5 Oktober hingga 5 Desember 2020. Sementara, untuk proses pelaksanaan PPL sendiri, para mahasiswa mengikuti kebijakan masing – masing sekolah. “Jadi PPL yang diterapkan kali ini adalah metode Darling, yaitu Dalam Jaringan (Daring.red) dan Luar Jaringan (Luring.red), karena di Masa Covid19, jadi ada pembatasan pertemuan dengan para murid dan pihak sekolah. Tapi sesekali juga ada pertemuan tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Adapun 9 Prodi Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, yang melaksanakan PPL adalah sebagai berikut, Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBInd) dan Prodi Tadris Matematika (TMM). (Ade)

Tinggalkan Balasan