Putra Mas Sampaikan Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Kepada Para Peserta Sosialisasi DPMPTSP

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Salah satu pengusaha muda di kabupaten Rejang Lebong (RL) yang cukup santer adalah Putra Mas Wigoro, SE, SH, MH. Selain menjadi seorang politisi yang duduk di kursi DPRD RL, Komisi II, sosoknya juga dikenal sebagai pengusaha mudah yang sukses. Sehingga, Ia diberi kepercayaan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal dan Kemudahan Berusaha, yang berlangsung selama 2 hari ini di Ballroom Golden Rich 88, Rabu (15/09/2021).

Putra Mas menyampaikan materi tentang Sukses Dalam Kebersamaan, menurutnya kebersamaan sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, terutama bagi para pelaku usaha, karena untuk mencapai sebuah kesuksesan, pelaku usaha mesti merangkul segala aspek untuk dijadikan mitra. Salah satunya adalah pemerintah dan para konsumen sendiri. “Antara pelaku usaha, pemerintahan maupun masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencapai sebuah kesuksesan bersama. Kalau pelaku usaha menyingkirkan aspek tersebut, sukar baginya untuk mencapai kesuksesan,” tegas Putra.

Selain itu, Ia juga menyampaikan beberapa kiat lainnya untuk menjadi pengusaha sukses kepada para peserta, yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas. Kerja keras, bukan berarti pelaku usaha harus menggunakan otot dalam berusaha, namun harus gigih, tekun ataupun ulet dalam menjalankan usahanya. Sedangkan, Kerja Cerdas maksudnya adalah pelaku usaha harus merubah atau mengupgrade pola pikirnya dalam menjalankan usaha di tengah kemajuan teknologi saat ini.

Putra Mas Wigoro didampingi Asisten II Setdakab RL, Kepala BPJS Ketenagakerjaan RL, Kadis DPMPTS RL berfoto bersama para peserta sosialisasi.

“Kalau kerja Ikhlas, kita harus menerima apapun itu hasilnya dari usaha yang telah kita jalankan, kembalikan semuanya kepada yang maha kuasa, mudah-mudahan ada jalan yang lebih baik bagi kita, jika terus mencoba dan mencoba serta tidak putus asa,” tambahnya.

Lanjutnya, para pemuda atau masyarakat yang ingin mencoba memulai sebuah usaha baru, harus memikirkan terlebih dahulu 3 aspek ini, yaitu Apa, Dimana dan Siapa. Maksudnya, Apa adalah jenis usaha apa yang akan kita jalankan atau produk apa yang akan kita jual, selanjutnya Dimana adalah lokasi atau tempat yang layak dan tepat dalam menjalankan usaha tersebut atau pemasaran sebuah produk.

Kemudian, Siapa adalah sasaran target dari usaha yang kita jalankan atau target konsumen produk yang kita buat. Sehingga, untuk menjalankan 3 aspek penting tersebut, pelaku usaha mesti melakukan survey atau peninjauan terlebih dahulu.(Ade)

Tinggalkan Balasan