banner bpkd 2024-rejangnews
Tes CAT Seleksi PPK Pilkada Rejang Lebong, 15 Orang Nilai Tertinggi Per Kecamatan Berpeluang

Tes CAT Seleksi PPK Pilkada Rejang Lebong, 15 Orang Nilai Tertinggi Per Kecamatan Berpeluang

tes tertulis CAT PPK Pilkada
Tampak situasi Tes Tertulis metode CAT Seleksi PPK Pilkada 2024 di SMKN 1 Rejang Lebong.

RejangNews || Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rejang Lebong (RL) melaksanakan tes tertulis metode CAT (Computer Assisted Test) dalam seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024, Selasa (07/05/2024).

Disampaikan Ketua KPU RL, Ujang Maman, S.Sos melalui Komisioner KPU Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Buyono, S.Pd.I. Pelaksanaan tes CAT ini, seharusnya diikuti oleh 386 pendaftar yang lolos administrasi, namun terdapat beberapa peserta tidak hadir, sehingga langsung dinyatakan tidak lolos seleksi.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan tes tertulis metode CAT ini berlangsung selama satu hari dibagi dalam 2 sesi dan dilaksanakan di 3 lokasi, yakni di SMKN 1 RL, SMKN 2 RL dan SMAN 2 RL.

“Dalam tes ini terdapat 75 soal dengan total 75 poin, adapun materi soalnya terkait kepemiluan Pilkada, Wawasan Kebangsaan dan Pengetahuan Umum,” jelas Buyono.

Ia menambahkan, tidak ada nilai ambang batas dalam tes tertulis CAT ini, namun pihaknya menggunakan sistem perangkingan, diambil 3 kali kebutuhan PPK atau 15 peserta dengan nilai tertinggi per kecamatan.

“Lalu setelah ini, 15 orang yang lolos per kecamatan akan ikut tes wawancara dan kalaupun ada yang sama nilainya dengan rangking ke 15, maka tetap diikutsertakan dalam tes wawancara,” tambahnya menjelaskan.

Sementara, Ketua Bawaslu RL, Ahmad Ali, S.Pd.I, SP melalui anggota Bawaslu RL, Kordiv HPPH, Muhammad Al Abrar, SH yang tengah melaksanakan pengawasan tes tertulis CAT PPK mengatakan, sejauh ini tahapan seleksi PPK di Rejang Lebong pada 3 lokasi masih berjalan tertib dan lancar.

“Untuk fungsi pengawasan kita sendiri adalah untuk mencegah adanya praktik joki dalam mengerjakan soal tes CAT dan Alhamdulillah sampai saat ini, tidak kita temukan,” ungkapnya.

Kemudian Ia melanjutkan, untuk perekrutan Panwascam Pilkada bagi pendaftar umum sendiri masih dalam tahapan penerimaan berkas di hari terakhir, jika pendaftar sudah memenuhi kebutuhan maka akan dilanjutkan dengan tes tertulis CAT.

Tampak hadir juga dalam peninjauan pelaksanaan tes CAT PPK Pilkada di SMKN 1 RL, Anggota Komisioner KPU RL, Devisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Muhammad Anas Kholiq dan anggota Bawaslu RL Kordiv P3S, Merliyanto Agumay. (Ade)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top