Peduli Kesehatan Warga, Bupati Lebong Lepas Tim PKB Ke Sungai Lisai

Rejangnews.com || Lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kabupaten Lebong. Salah satunya dengan mengutus Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong dan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu ke desa Sungai Lisai, kecamatan Pinang Belapis.

Demikian tampak, saat pelepasan Tim PKB tersebut oleh Bupati Kopli, pada Rabu (24/12/2021) di Gedung Graha Bina Praja Daerah kabupaten Lebong. Rencana kunjungan Tim PKB tersebut ke desa Sungai Lisai akan berlangsung dalam beberapa hari, hingga Sabtu (27/11/2021).

Bahkan kunjungan tersebut merupakan kunjungan kali Keempat di tahun 2021 ini. Dalam pelepasan Tim PKB ke Sungai Lisai tersebut dihadiri oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, para pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Lebong serta perwakilan dari dinas kesehatan Provinsi yang dihadiri oleh Kabid Yankes Dinkes Provinsi Bengkulu, Edriwan Mansyur serta perwakilan PIDI (Persatuan Internship Dokter Indonesia).

Dalam kata sambutannya Bupati Lebong Kopli Ansori mengapresiasi setinggi – tingginya kepada petugas kesehatan yang tergabung dalam Tim PKB ini yang akan melakukan kunjungan kesehatan ke desa Sungai Lisai dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dirinya menyadari akan keterbatasan – keterbatasan yang dimiliki Pemkab Lebong dalam hal pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Untuk itu, dengan adanya tim PKB ini, Pemkab Lebong merasa sangat terbantu.

Bupati juga membeberkan pelayanan kesehatan harus dilakukan dengan hati yang tulus, sebab kenyamanan pasien akan terasa dengan pelayanan dari petugas itu sendiri. “Layani para pasien dengan ramah, lemah lembut, serta senyuman sehingga dengan pelayanan seperti itu secara psikologis mereka merasa dekat dengan petugas, sehingga pasien merasa senang dan berfikir sakitnya akan cepat sembuh,” pesan Kopli.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Lebong menyerahkan tambahan armada ambulans kepada Dinkes Lebong Mobil jenis Toyota HiAce, pengadaan tahun 2021 yang langsung diterima oleh Plt Direktur RSUD Lebong yang juga merangkap sebagai Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lebong, Rachman SKM, M.Si. Dengan bertambahnya ambulans, Bupati berharap kepada petugas dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Bupati Lebong Kopli Ansori saat mencoba Ambulance baru yang akan diserahkan ke Dinas Kabupaten Lebong serta sebagai Armada tambahan yang akan digunakan Tim PKB ke Desa Sungai Lisai, Pinang Belapis.

“Seiring dengan berjalannya waktu, berdasarkan pengamatan saya, bahwa pelayanan petugas kesehatan di RSUD maupun di beberapa Puskesmas semakin baik, terlebih lagi dalam pemanfaatan ambulance dalam melayani pasien, baik rujuk dari puskesmas ke RSUD maupun dari RSUD keluar daerah, maka pertahankan dan tingkatkan pelayanan tersebut,” tegas Kopli.

Sementara, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Lebong melalui Kabid Yankes Zulkipli menjelaskan, adapun petugas PKB yang berangkat tersebut terdiri dari 5 Dokter dari Provinsi dan 2 dokter dari pemkab Lebong serta petugas kesehatan lainnya. “Mohon doanya semoga dalam perjalanan menuju lokasi selamat sampai tujuan dan pelayanan nya nanti akan dirasakan masyarakat,” singkat Zulkipli.

Untuk diketahui Desa Sungai Lisai merupakan desa paling ujung di wilayah Kabupaten Lebong yang berada di kecamatan Pinang Belapis yang jauh dari pusat kota kabupaten. Akses jalan ke Desa Sungai Lisai sangat berat, karena sepanjang perjalanan menempuh jalan licin dan berlobang. Sehingga Kehadiran Dinas Kesehatan dalam melayani masyarakat sangat dibutuhkan.(Snd)

Tinggalkan Balasan