banner selamat Stunting Lebong
Kompor Bahan Bakar Oli Bekas Karya Napi Lapas Kelas IIA Curup Resmi Dipatenkan

Kompor Bahan Bakar Oli Bekas Karya Napi Lapas Kelas IIA Curup Resmi Dipatenkan

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Salah satu karya Warga Binaan Lapas Kelas IIA Curup, Kompor Berbahan Bakar Oli Bekas mampu menembus pengakuan nasional. Pasalnya, karya tersebut sudah resmi Bersertifikat Hak Paten yang dikeluarkan oleh Kemenkumham RI. Bahkan, Lapas Kelas IIa Curup merupakan Lapas perdana di Indonesia yang mendapatkan Hak Paten atas karya Kekayaan Intelektual (KI).

Demikian disampaikan Ka Lapas Curup, Bambang Wijanarko saat Pers Rilis, pada Kamis (22/06/2023) pukul 09.30 wib. “Karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kita ini alhamdulilah mendapat sertifikat hak paten sederhana dengan jangka waktu 10 tahun,” ungkap Kalapas.

Meskipun karya ini adalah ide salah satu narapidana atau WBP bernama Jamhari, namun pemilik Patennya adalah Lapas Kelas IIA Curup. Hanya saja, Jamhari sebagai penemu masuk sebagai Tim Inventor beserta Kalapas dan WBP lainnya.

Sementara, untuk nama produk Hak Paten nya sendiri adalah “Peralatan kompor berbahan oli bekas yang ramah lingkungan”. Disebut ramah lingkungan, karena saat digunakan kompornya tidak mengeluarkan asap. Apalagi, sumber pengapian yang bisa digunakan bermacam-macam, bisa pakai aki, listrik dan solar cell atau tenaga surya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top