spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Selasa, Maret 21, 2023

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Pembekalan Kader Rakyat Terlatih Tingkat Kotamawil

-

Rejangnews.com || Manokwari – Kodam XVIII/Kasuari melalui Staf Teritorial Kodam (Sterdam) XVIII/Kasuari menggelar pembekalan Kader Rakyat Terlatih tingkat Kotamawil TA 2021, di SMP N 7 Prafi, Manokwari, Papua Barat, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan tersebut merupakan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai sistem pertahanan semesta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sebanyak 240 peserta terlibat yang terdiri dari organisasi masyarakat Pemuda Pancasila, Karangtaruna wilayah SP 4, Pramuka Kwartir Ranting Prafi serta pelajar dan Mahasiswa seputaran Manokwari.

Acara yang bertemakan “Kader Rakyat Terlatih yang Patriot dan Cinta Tanah Air” tersebut dibuka Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam Kasuari, Letkol Arm Tejo Basuki mewakili Aster Kasdam Kasuari, Kolonel Inf. Hengki Yuda Setiawan.

Ia mengatakan TNI AD melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial seperti kegiatan ini guna terwujudnya sistem pertahanan yang bersifat semesta.

“Sasarannya mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran dalam bela negara, kesiapan potensi sumber daya manusia untuk mendukung pemberdayaan wilayah pertahanan,” ujarnya.

Selain itu ia juga menambahkan kegiatan ini agar tersedianya Kader Rakyat Terlatih berupa sumber daya manusia sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka pertahanan negara.

“Lebih daripada itu terpeliharanya kemampuan rakyat terlatih sehingga tercipta ruang alat dan kondisi juang yang tangguh untuk pemberdayaan wilayah pertahanan,” ungkapnya.

Materi yang diberikan yaitu diantaranya pamantapan jiwa nasionalisme, pengetahuan Covid-19, Materi PBB dan PPM, pengenalan komunikasi radio, pengetahuan kesehatan lapangan dan materi Out Bond.(Rilis Pendam XVIII/Ksr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

LATEST POSTS

Rusak dan Kerap Meluap, Ketua DPRD Lebong Langsung Cek Kondisi Irigasi Nge’ai

Rejangnews.com || Lebong - Menindaklanjuti laporan warga, terkait adanya irigasi Nge’ai Panjang yang rusak dan mengancam abrasi terhadap puluhan rumah warga di Dusun II Desa...

Bangun Keselarasan, Kodim 0409/RL Dialog Santai Bareng Awak Media

Rejangnews.com || Rejang Lebong - Kodim 0409/Rejang Lebong menggelar kegiatan Coffee Morning bersama awak media 3 kabupaten, baik Rejang Lebong (RL), Lebong dan Kepahiang. Kegiatan...

Pemkab Lebong Gelar Musrenbang RKPD 2024

Rejangnews.com || Lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daeran (RKPD) Kabupaten Lebong tahun anggaran (TA)2024. Kegiatan tersebut...

‘Wajah Indonesia’ Masih Bertumpu Sektor Ganda Putra All England 2023

Oleh: Aditiya Candra Utama, S.Kom.I (Penulis Adalah Pengamat/Pemerhati Badminton Tanah Air dan Ad-Hoc BAWASLU Kelurahan di Provinsi Bengkulu) Sejak pertama kali Indonesia mengikuti kejuaraan bergengsi level...

Follow us

0FansSuka
3,745PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Most Popular