Plt Kepala Disparpora Kabupaten Lebong Wayan Sukanta M.Pd.

Rejangnews.com || Lebong – Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong siapkan aturan wisata saat liburan natal dan tahun baru (Nataru), salah satu aturan yang ditetapkan adalah setiap pengunjung wajib mentaati protokol kesehatan (prokes). Demikian disampaikan Plt Kepala Disparpora Kabupaten Lebong Wayan Sukanta M.Pd kepada Rejangnews di ruang kerjanya jumat (24/12/2021).

Pihaknya sudah sebarkan surat edaran aturan berwisata saat liburan nataru mendatang kepada tiap-tiap kecamatan di kabupaten Lebong, agar segera disampaikan kepada pihak pengelola wisata pada saat liburan nataru mendatang.

Kunjungan wisata akan dibatasi sesuai dengan kondisi lapangan nantinya, pihaknya juga menghimbau seluruh masyarakat serta pengelola wisata agar selalu mengingatkan para pengunjung untuk selalu menjalankan prokes serta tetap waspada dengan Covid 19.

Ia menambahkan, adapun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 dari sektor pariwisata senilai Rp 102,6 juta, nominal tersebut juga ditentukan oleh Badan Keuangan Daerah(BKD) Lebong.

“Nominal target PAD disektor wisata ini di angka Rp.102,6 juta, target ini juga di tentukan oleh pihak BKD, selanjutnya kita usahakan sebaik mungkin momen kunjungan wisata saat Nataru ini bisa terealisasi seperti yang diharapkan,” tambah Wayan.

Selanjutnya, Ia menjelaskan adapun wisata yang akan dipungut PAD nya tersebut berada di 4 titik lokasi wisata, seperti, Danau Picung yang berlokasi di Kecamatan Lebong Atas, lalu Wisata Air Putih, Kecamatan Pinang Belapis, kemudian Wisata Pulau Harapan Kecamatan Lebong Selatan dan terkahir wisata Lobang Kacamata Kecamatan Lebong Utara.

“Untuk kedepannya kita akan pelajari lagi terkait pengolahan wisata yang ada di kabupaten Lebong ini, mungkin ada beberapa wisata akan di kelola oleh pihak desa sehingga dapat menambah pendapatan di desa, selain itu agar lebih terpantau dan terjaga perawatannya sebab kita ketahui Lebong merupakan salah satu daerah wisata di provinsi Bengkulu, tentu hal ini nanti menjadi atensi kami untuk untuk mengembangkan wisata yang ada kabupaten Lebong ini,” pungkasnya. (snd)

Tinggalkan Balasan