Iklan Banner Rejangnews.com
Musrenbang Kab Rejang Lebong 2024 Rumuskan 11 Kesepakatan

Musrenbang Kab Rejang Lebong 2024 Rumuskan 11 Kesepakatan

RejangNews || Rejang Lebong – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Rejang Lebong 2024 sepakat merumuskan 11 perencanaan penting untuk pembangunan daerah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bappeda RL ini berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Lapangan Setia Negara Curup, Selasa (05/03/2024) pukul 09.00 wib.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati, Hendra Wahyudiansyah, SH, dan dihadiri oleh berbagai pejabat serta tokoh masyarakat, termasuk Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, M. Ikhwan, SH, MH.

Lalu, Sekretaris Daerah Yusran Fauzi, ST, para Kepala Dinas dari berbagai instansi serta tamu dari kabupaten tetangga seperti Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.I.P., MM, dan pegawai Bappeda dari berbagai Daerah lainnya.

Sebelas kesepakatan yang dicapai di Musrenbang ini akan menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tahun 2025.

Adapun kesepakatan tersebut mencakup berbagai aspek seperti pembangunan infrastruktur penting, peningkatan layanan dasar di bidang kesehatan dan pendidikan, serta upaya peningkatan pendapatan asli daerah melalui sektor pariwisata.

Selain itu, diusulkan pula berbagai program pembangunan infrastruktur khusus untuk kewenangan kabupaten, dukungan untuk pendidikan tinggi, serta peningkatan fasilitas publik dan layanan sosial.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kepala Bappeda, serta perwakilan dari berbagai kelompok masyarakat, menandakan komitmen bersama dalam pembangunan daerah.

Kepala Bappeda, Khirdes Lapendo Pasju, S.STP, M.Si, menyatakan bahwa Musrenbang Kabupaten ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan perencanaan yang telah dimulai sejak Januari 2024.

“Mencakup Musrenbang di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan, dengan fokus pada keterlibatan masyarakat dan penilaian program,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah, SH, menekankan pentingnya pendekatan perencanaan yang inklusif dan integratif, yang memungkinkan aspirasi masyarakat diterima dan dijadikan dasar dalam penyusunan rencana pembangunan.

“Selain itu, dukungan anggaran dari Provinsi diharapkan dapat memperkuat realisasi program-program prioritas di Kabupaten Rejang Lebong,” harap Wabup.

Musrenbang ini juga diharapkan dapat menghasilkan produk perencanaan yang sesuai dengan prioritas pembangunan infrastruktur dan layanan dasar, sebagaimana disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur M. Ikhwan, SH., MH, mewakili Gubernur.

Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada kecamatan dan OPD terbaik dalam perencanaan, diikuti diskusi panel yang dipandu oleh moderator Asisten I, Pranoto Majid, SH., M.Si, bersama dua narasumber, untuk mendalami lebih lanjut tentang pembangunan daerah. (rno)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top