banner bpkd 2024-rejangnews
Kodam Kasuari Bersihkan Pesisir Pantai Sawaibu

Kodam Kasuari Bersihkan Pesisir Pantai Sawaibu

Kodam Kasuari Bersihkan Pesisir Pantai Sawaibu

Manokwari – Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan pesisir dan muara sungai, Kodam XVIII/Kasuari menggelar aksi sosial sebagai bentuk kepedulian TNI, yaitu Karya Bakti (Karbak) skala besar membersihkan pesisir Pantai Sawaibu, Manokwari, Papua Barat, pada Jumat (12/1/2024).

Selain itu, juga bertujuan untuk menggugah partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam melestarikan lingkungan sekitar, termasuk pengelolaan sampah.

Kegiatan Karbak dalam skala besar ini turut melibatkan personel Kodam, Kodim 1801/Manokwari, Fasharkan Manokwari, Polres, Basarnas, FKPPI, KPLP, DLH Kabupaten Manokwari, Mahasiswa Unipa, Komcad, dan Siswa-Siswi SMA Taruna Kasuari Nusantara, serta Pramuka Saka Wira Kartika.

Aster Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf. Jimmy Rihi Tugu menyampaikan, kegiatan ini adalah wujud nyata TNI dalam membantu Pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai.

Kegiatan yang juga bertujuan untuk membangun sinergitas dan kekompakan dengan masyarakat ini merupakan perintah yang diinstruksikan oleh Kasad kepada seluruh jajaran TNI AD dalam memerangi sampah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kesadaran masyarakat sekitar akan kepedulian terhadap lingkungan meningkat dan senantiasa menjaga kelestarian alam yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Lantaran, jika pesisir pantai bersih maka secara otomatis masyarakat akan senang berkunjung, untuk itu diimbau agar tidak lagi membuang sampah sembarangan dan mari menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Sementara , salah satu warga Dimara Dowansiba dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada para prajurit dan yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami mewakili masyarakat yang ada, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bapak-bapak TNI, Polri yang dibantu oleh Pemda setempat, Mahasiswa, anak-anak sekolah serta yang lainnya,” ujarnya.

Kegiatan Karya Bakti pembersihan Pantai ini, tentunya sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di Teluk Sawaibu. (rls)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top