Jalan Licin Akibat Tumpahan Tanah Dibersihkan Damkar Lebong

Rejangnews.com || Lebong – Kantor Satuan Polisi Pamong Praja melalui Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Lebong bergerak cepat menindaklanjuti keluhan pengguna jalan akibat tumpahan tanah yang turun dari dinding jalan dikarenakan derasnya terjangan hujan, tepatnya dijalan lintas menuju kota Tubei,(14/11/2022).

Akibatnya, tanah tersebut berceceran di jalan sehingga membuat jalanan tersebut licin. Terlihat para petugas damkar dengan selogannya “Pantang Pulang sebelum Padam” sedang membersihkan jalanan tersebut dengan semprotan air menggunakan truk tangki damkar untuk mengantisipasi kecelakaan.

Dibincangi Rejangnews.com di lokasi, salah satu personil damkar mengatakan, pihaknya membersihkan ruas jalan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat jalan licin dan penuh tanah.

“Karena mendapat keluhan dari para pengendara, sehingga atasan kami langsung memberikan instruksi untuk membersihkan tanah di jalan ini, dan kami juga pantang pulang sebelum bersih untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang membahayakan pengguna jalan,” ungkap salah satu personil Damkar di lokasi.

Menurutnya tumpahan tanah tersebut sepanjang 15 meter. Sementara proses pembersihannya memakan waktu 40 menit. “Selain membersihkan tanah, kita juga membuat siring kecil agar luapan air tidak naik ke badan jalan,”. jelasnya.

Sementara itu beberapa pengguna jalan mengapresiasi kinerja petugas damkar membersihkan jalanan yang licin akibat hujan tersebut, mereka menilai langkah tersebut sangat tepat dilakukan mengingat di lokasi jalan sangat licin sehingga sangat rawan kecelakaan. “Ya, kalau cepat tanggap begini kan bagus, terima kasih personil damkar,” ujar salah satu pengguna jalan.

Hal senada, disampaikan pengguna jalan lainnya, Hendra yang juga merupakan ASN di lingkungan Pemkab, Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong. Ia sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Damkar Kabupaten Lebong.

Sebelumnya, ada beberapa pengguna jalan yang telah membersihkan jalan tersebut namun belum maksimal.
“Saya bersama dengan beberapa staf saya meninjau lokasi dan sempat membersihkan jalan tersebut, namun hasilnya tidak maksimal, kalau dengan menggunakan tangki damkar tentu tanahnya cepat terangkat sehingga jalanan bersih dan tidak licin lagi, terima kasih kerja samanya,” pungkasnya. (Snd)

Tinggalkan Balasan