Bupati Kopli Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 27 Kades di Kabupaten Lebong

Bupati Kopli Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 27 Kades di Kabupaten Lebong

Rejangnews.com || Lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori S.Sos didampingi Wabup Drs Fahrurrozi M.Pd secara resmi mengukuhkan dan mengesahkan perpanjangan masa jabatan 27 kepala desa (Kades) di Kabupaten Lebong.

Demikian tertuang dalam Keputusan Bupati Lebong Nomor 237 Tahun 2024 tentang Pengesahan Penambahan Masa Jabatan 27 Kepala Desa di Kabupaten Lebong.

Keputusan tersebut berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 27 kades berlangsung di pendopo rumdin Bupati, Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei, Kamis (4/7/2024).

Usai prosesi pengambilan sumpah dan pembagian SK, masa jabatan 27 kades di Lebong resmi diperpanjang dari sebelumya enam tahun menjadi delapan tahun.

“Rasa syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT. Hari ini kita bisa mengukuhkan dan mengesahkan perpanjangan masa jabatan kades di Kabupaten Lebong yang jumlahnya ada sebanyak 27 kades. Saya meminta para kades yang masa jabatannya telah diperpanjang ini terus bergerak membantu rakyat,” jelas Bupati.

Dia mengatakan, sebelum mengukuhkan perpanjangan masa jabatan, Pemkab Lebong juga menilai kinerja dari masing-masing kades hingga akhirnya diputuskan layak atau tidak diperpanjang. Hasilnya, dari total 27 kades definitif, seluruhnya memiliki kinerja bagus dan patut diperpanjang.

Salah satu indikator, kata dia, adalah suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 yang dihelat pada Februari 2024 lalu.

Selanjutnya, Ia mengajak para kades juga terus mengoptimalkan peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) demi menyukseskan gelaran pesta demokrasi Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

“Seperti kita ketahui bahwa para kades memiliki peran yang sangat vital dalam menyukseskan pesta demokrasi,” ujarnya.

Kemudian, Bupati Kopli juga menggarisbawahi pentingnya pemerintah desa berkoordinasi dan menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah agar roda pemerintahan dan pembangunan di desa berjalan dengan baik serta selaras dengan visi misi kepala daerah.

“Kalau ada kendala, koordinasikan dan konsultasikan dengan pemerintah daerah. Jangan grasak-grusuk dan sekali lagi saya ingatkan, utamakan kepentingan rakyat. Berinovasi-lah untuk kemajuan desa,” tegas Kopli.

Terpantau, prosesi ini dihadiri oleh unsur FKPD. Seperti Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen SSos, Kajari Evi Hasibuan SH MH, dan Wakapolres Kompol Muliyadi SE SIK. Lalu, ada Penjabat (Pj) Sekda Mahmud Siam SP MM, Asisten I Reko Haryanto S.Sos, Kepala Dinas PMD Saprul SE dan segenap pejabat eselon lainnya.(snd)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top