banner bpkd 2024-rejangnews
Akar Foundation Gandeng Pemkab Rejang Lebong Perkuat Komitmen
Page 7

Akar Foundation Gandeng Pemkab Rejang Lebong Perkuat Komitmen

Untuk menjadikan agroekologi sebagai basis pangan dan peningkatan pendapatan masyarakat, ada beberapa faktor yang menyebabkan praktek agroekologi tidak bisa dilaksanakan. Keterbatasan tersebut antara lain; rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan lahan pertanian berbasis agroekologi, kurangnya dukungan kebijakan, keterbatasan sumber daya dan teknologi yang tersedia.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk percepatan pengembangan agroekologi di lahan-lahan masyarakat adalah komitmen pemerintah daerah sebagai pemangku wilayah untuk mempromosikan sistem pertanian agroekologi. Karena itu, diperlukan upaya yang lebih kuat dan terkoordinasi untuk memperkuat komitmen Pemerintah Daerah dalam mempromosikan sistem pertanian berbasis agroekologi.

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan melibatkan para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, petani, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil untuk mendukung praktek agroekologi di lahan-lahan masyarakat. Pelibatan para pihak tersebut betujuan untuk menujang pengelolaan hutan dan lahan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Yaitu dengan mempertahankan keanekaragaman hayati yang ada dalam kegiatan produktivitas, kapasitas regenerasi, vitalitas dan potensi hutan untuk pemenuhan kebutuhan sekarang dan masa depan dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Rilis AKAR)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top