banner bpkd 2024-rejangnews
Akar Foundation Gandeng Pemkab Rejang Lebong Perkuat Komitmen
Page 6

Akar Foundation Gandeng Pemkab Rejang Lebong Perkuat Komitmen

Hutan yang ada di Bengkulu memenuhi berbagai aspek untuk mendukung ketersediaan pangan. Keragaman pohon dan kehidupan liar di hutan, termasuk berbagai pohon penghasil buah, menjadi sumber tambahan variasi bagi sistem produksi pangan yang menjadi sumber nutrisi seimbang bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Hutan menjadi sumber variasi pangan yang terjangkau, khususnya bagi mereka dengan sumber penghidupan yang terbatas. Ketika terjadi kelangkaan pangan karena gagal panen atau krisis ekonomi, hutan menjadi jaring pengaman penghidupan masyarakat di sekitarnya. Pangan hutan menyuplai mikronutrisi, serat dan komponen lain yang dibutuhkan manusia.

Studi dalam jurnal People and Nature memberikan bukti bahwa kontribusi penting berbagai jenis pohon tropis untuk keamanan pangan dan nutrisi masih belum dipahami dan dimanfaatkan sepenuhnya. aspek kestabilan pangan. Hutan menjadi habitat penting berbagai polinator kunci untuk produksi pangan. Tanpa hutan, jasa ekosistem vital yang disediakan berbagai burung dan serangga akan hilang. Kehilangan ini bisa menimbulkan permasalahan keamanan pangan.

Pengelolaan hutan dan lahan masyarakat berbasis agroekologi melalui sistem pertanian berkelanjutan yang menggambarkan hubungan alam, ilmu sosial, ekologi, masyarakkat, ekonomi, dan lingkungan yang sehat. Selain memiliki potensi besar selain untuk meningkatkan keberlanjutan lahan pertanian dan sistem pola pangan rumah tangga, agroekologi juga bisa menjadi sumber pendapatan alternatif ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top