Sambut Hari Juang TNI AD, Kodam Kasuari Gelar Ziarah TMP Trikora

Rejangnews.com || Manokwari – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Juang TNI AD ke-76 pada 15 Desember 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Kodam XVIII/Kasuari yang jatuh pada 19 Desember 2021 mendatang, Kodam Kasuari menyelenggarakan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trikora, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, Selasa (14/12/2021).

Ziarah tersebut dipimpin langsung Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., didampingi Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, para pejabat Kodam dan Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus lainnya dan diikuti para Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari.

Kapendam Kasuari, Kolonel Arm Hendra Pesireron, S.Sos., dalam siaran persnya mengungkapkan bahwa selain bertujuan untuk memperingati hari Hari Juang TNI AD ke-76 dan Hari jadi ke-5 Kodam XVIII/Kasuari, ziarah tersebut sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan kusuma bangsa.

“Selain itu penghormatan dan penghargaan juga diberikan kepada para pejuang bangsa di Papua Barat maupun pejuang dari tokoh adat dan masyarakat yang telah mengorbankan jiwanya demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” ungkap Kapendam.

Ia menambahkan, melalui momentum ini sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan dari para pendahulu khususnya para pahlawan dan pejuang bangsa. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penanaman nilai-nilai kejuangan dan patriotisme kepada para generasi muda penerus bangsa.

Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, kegiatan ini juga mengandung makna yang sangat dalam yakni sebagai sarana untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta kepada tanah air, sekaligus bertujuan untuk mengajak seluruh Prajurit TNI dan PNS di jajaran Kodam Kasuari agar bisa menghayati dan meneladani para pejuang bangsa dimana pun kita berada dan bertugas.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan, hening cipta dan tabur bunga di pusara para Kusuma Bangsa. (Rilis)

Tinggalkan Balasan