Rejangnews.com || Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), menyampaikan terima kasihnya serta apresiasi yang tinggi atas dukungan dan kerja sama yang sangat baik antara media dengan Kodam Kasuari, khususnya dalam publikasi dan penyebaran informasi tentang Kodam. Ia menilai rekan media adalah pahlawan pena dan sebagai salah satu agen perubahan.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutannya pada acara Coffee Morning bersama insan pers diwilayah Provinsi Papua Barat, di Officer’s Mess Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (28/1/2022).

Acara tersebut juga merupakan pamitan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., kepada rekan media Papua Barat yang selanjutnya ia ditugaskan sebagai Pangkogabwilhan III.

Diungkapkan Pangdam, hubungan Kodam XVIII/Kasuari hingga saat ini berjalan dengan baik dan harmonis dengan insan pers dimana saling membutuhkan sehingga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas pokok sehari-hari.

“Dinamika permasalahan bangsa semakin cepat dengan berkembangnya teknologi informasi. Kodam Kasuari sebagai garda bangsa di wilayah Papua Barat berupaya memberi sumbangsih yang kami bisa untuk membantu tugas-tugas Pemerintah Daerah dan mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat” ujarnya.

Ditambahkannya, jerih payah dan kerja keras Kodam bersama elemen bangsa lainnya mendapat apresiasi secara luas khususnya di wilayah Papua Barat dan menjadi inspirasi bagi banyak pihak, semuanya adalah berkat peran dari rekan-rekan di media.

“Mari kita ciptakan ketahanan informasi sebagai komponen baru dari ketahanan nasional agar kita bisa tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah Papua Barat dan yang dimaksudkan adalah kita harus membuat suatu narasi yang konstruktif dan membangun,” tuturnya.

Ia mengatakan, insan pers di wilayah Papua Barat telah menjadi mitra selama dalam menjalankan tugas di wilayah Papua Barat dan mencerdaskan masyarakat dengan memberikan informasi yang aktual sesuai dengan fakta.

”Saya mengajak kita semua untuk bersinergi dan ambil bagian secara proaktif untuk meningkatkan kesadaran berinformasi dimulai dari diri kita masing-masing, dan dikembangkan ditengah-tengah masyarakat,” ucap pangdam.

Selain itu, ia menghimbau untuk membangun komunikasi yang lebih erat untuk saling membantu dan memberi saran masukan demi pengabdian yang lebih baik kepada masyarakat Papua Barat dengan berkomunikasi, koordinasi dan berkolaborasi secara bersama-sama dan tidak cukup dengan hanya berdialog.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, Bustam dalam sambutannya menyampaikan selama Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, banyak pencapaian-pencapaian yang diraih.

“Boleh dikata segala sesuatu beliau lakukan walaupun kita ketahui bahwa fungsi dari TNI sendiri yaitu di bidang teritorial kita ketahui bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat saat ini sudah banyak capaian-capaian yang raih,” ungkapnya.

Perjalanan selama Pangdam memimpin, banyak energi positif yang diberikan kepada seluruh insan pers yang ada di wilayah Papua Barat.

“Kami apresiasi itu, kami sebagai insan pers bagaimana mengawal demokrasi agar berjalan dengan baik di NKRI dan juga pada prinsipnya TNI sebagai alat negara bagaimana untuk menjaga kedaulatan NKRI itu yang harus kita kuatkan dalam hal bagaimana kita menulis berita”.

“Perjalanan pers dengan TNI AD bersama mitra yang lainnya sudah berjalan dengan baik dan kami juga berharap kemitraan ini terus berjalan, terus terbangun, terus berjalan dan terus berkolaborasi antara TNI dengan Insan Pers yang ada di wilayah Papua Barat,” harap Bustam.

Acara silaturahmi yang dihadiri oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, para pejabat Kodam, Koordinator Pemberitaan TVRI Papua Barat, RRI Manokwari, dan puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online ini diwarnai dengan pemberian cenderamata oleh Pangdam XVIII/Kasuari. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan