Pegaf – Satuan baru Kodim 1812/Pegunungan Arfak (Pegaf) diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang diwakili oleh Wakasad Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si, lewat Video Conference, di Mabesad, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Peresmian Kodim ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 858 tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD. Usai peresmian oleh Kasad, dilakukan pelaksanaan alih kodal satuan jajaran Kodim 1801/Manokwari kepada Kodim yang baru yaitu Kodim/1812 Pegunungan Arfak dan juga sekaligus pelantikan pejabat Komandan Kodim (Dandim) 1812/Pegunungan Arfak, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., menunjuk secara resmi Letkol Inf Alexander Eko Setiawan, S.E., sebagai pejabat Dandim yang pertama.

Pangdam mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat Kabupaten Pegaf yang telah membantu berdirinya satuan baru Kodim 1812/Pegaf. Sebelumnya Kodim baru ini merupakan Koramil yang menginduk dibawah Kodim 1801/Manokwari dan akhirnya lewat Peraturan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, statusnya ditingkatkan menjadi satu satuan yaitu Kodim 1812/Pegunungan Arfak, dibawah jajaran Korem 182/JO.

Menurutnya ini merupakan suatu kebersamaan wujud dari kemanunggalan TNI-Rakyat yang selama ini tanpa terasa terus menunjukkan suatu progres yang baik dalam rangka untuk mengawal menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memastikan perlindungan terhadap masyarakat.

Selain itu tentunya bertujuan membantu percepatan pembangunan di seluruh wilayah Republik Indonesia termasuk di Kabupaten Pegunungan Arfak ini. “Kodim baru ini diharapkan mampu mendukung Kabupaten Pegunungan Arfak agar semakin mengalami suatu progres perkembangan yang terus membaik seperti yang diharapkan bersama,” harap Pangdam.

Oleh karena itu, kepada pejabat Komandan Kodim yang baru, diminta untuk segera beradaptasi dengan tugas yang baru, kenali wilayah tugas dan tanggungjawabnya. Pegunungan Arfak ini terstruktur Kabupatennya dalam 10 Distrik dan 166 Kampung dan kemungkinan masih terus akan berkembang.

“Pastikan bahwa keberadaan Kodim dan seluruh perangkatnya dan para prajuritnya akan membawa suatu dampak yang positif aman dan lebih jauh daripada itu mantapkan terus kolaborasi, sinergitas, kebersamaan dengan semua komponen stakeholder dengan seluruh masyarakat Kabupaten Pegaf,” pungkas Jenderal Bintang dua ini.

Ikut dalam kegiatan ini, Para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Danrem 182/JO, Dandim 1801/Manokwari, Dandim Persiapan 1812/Pegunungan Arfak, Kapolres Pegunungan Arfak, unsur Forkopimda Kabupaten Pegaf, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda serta masyarakat yang ada di wilayah Pegaf. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan