Rejangnews.com || Rejang Lebong – Terdapat aspirasi yang cukup menarik dan patut menjadi perhatian serius oleh instansi terkait saat reses Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Heri Purwanto di desa Tasikmalaya kecamatan Curup Utara, Jum’at (25/22/2022) pukul 14.00 wib. Yaitu, keluhan warga terkait Irigasi Primer Air Musi Kejalo, pasalnya irigasi tersebut sudah bertahun – tahun tidak dialiri Air yang biasnya bersumber dari Bendungan Trocon Musi Kejalo.

Seperti diungkapkan Ketua BPD Tasikmalaya, Sutanto Darmawan, menurutnya Irigasi Air Musi Kejalo tersebut sudah tidak berfungsi lagi sekitar 5 tahun belakang ini, bahkan lebih, Ia meminta penjelasan dan solusi terkait Irigasi Air Musi Kejalo yang biasanya dapat mengaliri berhektar-hektar lahan persawahan masyarakat di kabupaten Rejang Lebong.

“Tentu, warga kami banyak yang memiliki area persawahan yang membutuhkan aliran air dari Irigasi Air Musi Kejalo, begitupun dengan Petani di berbagai desa dan kelurahan lainnya yang biasanya mendapatkan manfaat dari irigasi tersebut. Dulu, kalau tidak salah dibagi per termin, dalam satu tahun dibagi hingga 3 termin. Meskipun demikian, pembagian termin tersebut cukup membantu untuk kebutuhan air area persawahan di beberapa tempat,” ungkapnya.

Reses Heri Purwanto di desa Tasikmalaya kecamatan Curup Utara.

Menanggapi hal tersebut, Heri Purwanto menyampaikan akan menindaklanjuti secara serius terkait persoalan irigasi Air Musi Kejalo ini. “Inilah penting adanya reses, sehingga kami bisa mengetahui beragam persoalan yang dihadapi masyarakat. Terimakasih telah menyampaikan persoalan irigasi Air Musi Kejalo tersebut, tentu akan kita sampaikan ke instani terkait secepatnya, karena jika dapat dioperasikan kembali dan dimaksimalkan peruntukannya, maka target swasembada pangan dapat tercapai,” tegasnya.

Kemudian masih sambung Heri, sementara terkait berbagai aspirasi lainnya di desa Tasikmalaya ini, masih banyak menjadi wewenangnya pihak kabupaten, seperti persoalan kesejahteraan untuk perangkat masyarakat desa, seperti pegawai Posyandu, Imam, BMA, bahkan hansip dan lain sebagainya. “Aspirasi ini akan saya tindaklanjuti ke Fraksi Partai Perindo DPRD kabupaten Rejang Lebong,” demikian Heri. (Ade)

Tinggalkan Balasan