Iklan Banner Rejangnews.com
2024, Akses Jalan Dua Wisata di Rejang Lebong Bakal Dibangun Dinas PUPR-PKP

2024, Akses Jalan Dua Wisata di Rejang Lebong Bakal Dibangun Dinas PUPR-PKP

RejangNews, Rejang Lebong – Pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) melalui leading sektor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PKP) RL berencana membangun akses jalan ke dua destinasi wisata, yang sebelumnya tergolong sulit diakses.

Seperti disampaikan Plt Dinas PUPR-PKP RL M. Syamsul Ma’arif, S.T., M.T, melalui Kabid Bina Marga, Roni Saputra beberapa waktu lalu, bahwa di Bidang Bina Marga terdapat dana sebesar Rp 40 Miliar di tahun 2024, yang dialokasikan untuk pembangunan jalan dan jembatan.

“Ada 20 paket jembatan dan jalan, dua paket diantaranya bakal dialokasikan untuk pembuatan akses jalan menuju lokasi wisata,” ungkapnya.

Adapun lokasi wisata yang dimaksud adalah Air Terjun Belitar Seberang yang terletak di Kecamatan Sindang Kelingi dan Wisata Bukit Basah di Kecamatan Curup Utara.

Tujuan utama pembangunan ini adalah untuk mempermudah akses ke lokasi wisata tersebut, termasuk Air Terjun Belitar Seberang yang sebelumnya telah diakui dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kemenparekraf di tahun 2023.

“Pembangunan jalan ke Bukit Basah merupakan kelanjutan dari proyek tahun sebelumnya dengan harapan dapat diselesaikan dalam tahun ini,” ujar Roni.

Masih sambung Roni, persiapan untuk proyek infrastruktur jalan dan jembatan tahun ini termasuk proses tender dan penerbitan SK untuk pejabat terkait, dengan rencana pengumuman paket pekerjaan di bulan Februari dan tender pada bulan Maret.

Untuk diketahui, anggaran Rp 40 miliar untuk proyek di Bidang Bina Marga PUPR-PKP RL tahun 2024 ini berasal dari dua sumber dana, yaitu Rp 11 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) dan sisanya, Rp 29 miliar, dari dana alokasi umum (DAU). (Rno/adv)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top