Pegaf – Kodam XVIII/Kasuari melalui Pangdam, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Alin Gabriel Lema bersama para pejabat Kodam mencanangkan penanaman bibit Strawberry di Kabupaten Pegaf (Pegaf), Distrik Anggi, Papua Barat, Selasa (22/11/2022).

Pencanangan yang diprakarsai Kodam XVIII/Kasuari yakni “Pencanangan Bibit Strawberry Menuju Kabupaten Pegaf Menjadi Kabupaten Strawberry” menjadi tantangan dan tugas bersama untuk mewujudkan kelak Kabupaten Pegaf menjadi daerah penghasil Strawberry terbaik dari Papua Barat.

Pangdam dalam sambutannya menjelaskan alasan mengapa di Pegunungan Arfak dicanangkan sebagai Kabupaten Strawberry karena menurutnya tanaman Strawberry ini merupakan salah satu tanaman yang bersifat ekonomis.

Selain bersifat ekonomis, tanaman ini betul-betul indah, menjanjikan, juga merupakan tanaman yang menjadi kecintaan masyarakat, baik di kalangan muda maupun tua, bahkan menjadi tanaman yang istimewa yang dapat dikembangkan dalam bentuk apa saja.

“Sehingga dengan daya dorong itu, saya mau mencoba dengan tanaman endemik ini dan kalau kita sudah canangkan akan menjadi salah satu Kabupaten yang mempunyai maskot, primadona dan mempunyai suatu label dalam memberikan daya tarik kepada orang lain untuk melihat Strawberry dari Pegunungan Arfak,” ujarnya

Pada kesempatan ini, Pangdam siap membantu dan mengajak kepada seluruh kalangan masyarakat, TNI-Polri dan Pemerintah Daerah setempat untuk bekerja-sama bergandengan tangan dalam mensukseskan pencanangan Kabupaten Pegaf menjadi Kabupaten Strawberry sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah ini dan juga kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pegaf, Yosias Saroy, S.H., M.H. dalam sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir saat itu untuk memberikan dukungan ke Pemerintah dan semua mitra-mitra Pemerintah Daerah untuk membuka diri demi kemajuan Kabupaten Pegaf.

“Terima kasih bapak Pangdam untuk inisiatif dalam membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Pegunungan Arfak ini dalam pengembangan Strawberry yang dicanangkan hari ini. Dalam pengembangan ini dibutuhkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, TNI Polri, masyarakat dan juga para petani milenial agar lebih baik lagi karena potensi alam sudah mendukung tinggal bagaimana caranya kita mengelola saja,” ucapnya.

Sementara, Musa Saiba, S.H., mewakili masyarakat juga menyampaikan bahwa masyarakat yang ada di 10 Distrik dengan 166 Kampung siap untuk mengembangkan tanaman Strawberry dan lain-lainnya serta siap mendukung program ataupun proses berjalannya acara pelantikan Kodim 1812/ Pegunungan Arfak mulai dari hari ini dan seterusnya.

Ikut dalam kegiatan ini, Danrem 182/JO, Dandim 1801/Manokwari, Dandim Persiapan 1812/Pegunungan Arfak, Kapolres Pegunungan Arfak, unsur Forkopimda Kabupaten Pegaf, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda serta masyarakat yang ada di wilayah Pegaf. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan