Penjual Kaktus Di Rejang Lebong Ini, Raup Untung Jutaan Rupiah di Masa Pandemi Covid-19

RejangLebong || RejangNews.com – Berlakunya pembatasan sosial di masa Pendemi Covid 19, berdampak buruk terhadap kondisi ekonomi warga, ternyata tidak dirasakan oleh penjual tanaman hias nan unik jenis Kaktus satu ini, yaitu Bunda Fatih, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), warga Perumahan Green View, kelurahan Batu Galing, kecamatan Curup Tengah, kabupaten Rejang Lebong.

Disampaikannya, pada awak media, pada Minggu (26/07/2020). Berawal dari keinginan yang gigih untuk mencoba berbisnis melalui hobinya terhadap koleksi tanaman hias, terutama jenis kaktus, ternyata membawa berkah baginya dan keluarga. Pasalnya, usaha yang ia geluti saat ini, mampu meraup jutaan rupiah hanya dalam waktu satu Minggu.

“Usaha ini sudah berjalan 4 tahun, hanya bermodalkan uang senilai Rp 500 ribu. Hingga saat ini, alhamdulillah, saya sangat bersyukur, bisa mendapatkan uang minimal uang Rp 200 ribu per harinya. Bahkan, saat masih darurat corona, bisa menghasilkan lebih dari itu, mungkin karena banyaknya yang berdiam diri di rumah dan bosan, sehingga menarik mereka untuk membeli tanaman hias ini,” ungkap Bunda Fatih.

Ia menjelaskan, hampir seluruh jenis kaktus yang dijualnya ada, seperti jenis Mammillaria, Gymnocalycium Mihanovichii, Limifolia, Golden Barrel, Haworthia, Echinopsis, Mickey Mouse Putih, Opuntia Orange, Sukulen Tasbih dan Lactea serta berbagai jenis kaktus hias lainnya, karena kisaran 75 persen beragam jenis kaktus ready stock, bahkan ada beberapa jenis Langka. Kalau asal tanaman kaktus hias ini, banyak berasal dari wilayah Bandung, kalau untuk medianya yaitu sekam bakar dari Kota Bengkulu.

Kaktus Hias

Sementara, untuk harganya pun beragam, mulai dari Rp 15 ribu, puluhan ribu, ratusan ribu, hingga seharga jutaan rupiah. Terdapat jenis Mammilaria seharga Rp 3 juta. “Untuk yang berminat koleksi kaktus hias ini, silahkan datang ke Tama Kaktus, di kediaman kami,” ujar Ibu Fatih.

Lanjutnya, dalam bisnis ini, tidak ada kendala yang begitu signifikan selama ia menjalani nya, hanya saja terkendala di lahan. Menurutnya, jika memiliki lahan yang memadai, bisa jadi tempat pembibitannya lebih terkondisi dengan baik. Untuk diketahui juga, Tama Kaktus ini juga memiliki cabang di Indah Bunga, tepatnya di belakang gerbang masuk perumahan Green View Batu Galing. Di tempat itu, tidak hanya menjual varian Kaktus Hias, tapi juga menjual tanaman bunga hias jenis lainnya.(Ade)

Tinggalkan Balasan