Iklan Banner Rejangnews.com
Lomba Mendongeng Warnai HUT Kota Curup Ke 143

Lomba Mendongeng Warnai HUT Kota Curup Ke 143

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Beragam kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Curup ke 143 tahun 2023. Menariknya, terdapat salah satu perlombaan yang jarang dilaksanakan saat event daerah berlangsung yaitu Lomba Mendongeng tingkat SD. Kegiatan yang diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK Rejang Lebong tersebut berlangsung di Panggung Budaya HUT Kota Curup, pada Jum’at (26/05/2023) pukul 09.00 wib.

Disampaikan Ketua TP PKK Rejang Lebong, Hartini Syamsul yang membuka kegiatan lomba tersebut menyampaikan, sesuai dengan tema kegiatan ini “Melalui Lomba Mendongeng Kita Tingkatkan Kita Tingkatkan Nilai Nilai Luhur Keteladanan Melalui Cerita Rakyat dan Kita Tanamkan dan Kita Tanamkan Cinta Budaya Rejang Kepada Anak Sedini Mungkin”.

Karena, tujuan dari lomba mendongeng, selain untuk menghibur juga sebagai salah satu upaya dalam melestarikan budaya, juga untuk menyampaikan ide ide moral. Apalagi TP PKK mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk Mensukseskan Program Literasi tentang budaya dan legenda. Bahkan, para pemenang lomba akan diberikan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan.

Ia melanjutkan, setelah melihat suasana kegiatan event lomba mendongeng ini, mudah-mudahan selanjutnya, tidak hanya lomba tingkat SD yang akan dilaksanakan, bisa juga tingkat Bunda Literasi, baik tingkat kecamatan maupun desa dan kelurahan.

“Serta tidak hanya dilaksanakan saat event daerah, bisa juga saat event – event lainnya. Karena, lomba mendongeng dapat mengajak masyarakat khususnya anak-anak untuk gemar membaca serta dapat membentuk karakter yang lebih baik, bahkan melatih untuk bertutur kata dengan sistematis dan lugas,” ujar Ketua TP PKK RL.

Sementara, Ketua Dewan Juri, Nosi Meliandri menyampaikan untuk sistem penilaian mereka terhadap peserta lomba adalah materi lomba harus berkaitan dengan kearifan lokal kabupaten Rejang Lebong, lalu mengandung perjuangan legenda, kemudian penggunaan bahasa Indonesia diiringi dengan bahasa Rejang.

“Substansi tema dan jalan cerita harus pas. Terutama terkait teknik mendongeng atau artikulasi, penguasaan materi dan penampilan kreasi peserta juga tentu akan dinilai dan waktu hanya 7 menit saja,” tegas Nosi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK RL Hartini Syamsul, Ketua GOW RL, Indah Hendra Wahyudiansyah, lalu Ketua Dharma Wanita Persatuan RL, serta Ketua TP PKK Kecamatan se RL dan seluruh pengurus TP PKK Rejang Lebong. (Ade/adv)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top