Iklan Banner Rejangnews.com
Kodam Kasuari Tanam 2.060 Pohon

Kodam Kasuari Tanam 2.060 Pohon

Manokwari – Kodam XVIII/Kasuari, dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke 78 Tahun 2023 kembali peduli lingkungan dengan menanam sebanyak 2.060 pohon secara serentak di seluruh jajaran, mulai Korem, Kodim sampai dengan tingkat Koramil, Kamis (14/12/2023).

Acara ini mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”, sembari menyaksikan secara virtual pengarahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dari Kota Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Sementara di Kodam XVIII/Kasuari yang dipimpin Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah beserta Kasdam, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga bersama para pejabat Kodam lainnya, mengikuti acara tersebut dari Kampung Katebu, Manokwari, Papua Barat,

Kasad dalam sambutannya menyampaikan mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan mengingat bahwa Indonesia, akan memerangi sampah bukan hanya di pantai, namun juga gunung, sungai dan lain sebagainya apalagi sekarang ini sudah mulai banyak banjir.

Dalam waktu dekat, kegiatan serupa akan diselenggarakan serentak di beberapa wilayah Indonesia. Tema yang diusung diharapkan bukan hanya slogan.

“Kerena tanpa bersama Rakyat dan tanpa dukungan beberapa elemen, kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik, serta efek alam merupakan salah satu upaya untuk memberantas kemiskinan dan stunting,” tegas Kasad.

Ditambahkan Pangdam pada awak media, selain penanaman pohon, pihaknya juga sudah melakukan pembersihan pasar dan pantai, bertujuan mencegah terjadinya banjir saat curah hujan tinggi.

Lanjutnya, sebanyak dua ribuan pohon lebih yang ditanam, baik pohon keras maupun pohon yang menghasilkan buah dan tersebar di daerah Sorong sampai Fakfak.

Pangdam menekankan, pohon ini bukan hanya milik Tentara namun milik semua masyarakat. “Mari kita jaga dan rawat lingkungan kita, supaya lingkungan juga menjaga kita dari bencana bencana banjir dan longsor,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya mulai Kodam, seluruh Korem, Kodim dan Rindam juga melaksanakan bakti sosial, yaitu pemberian tali asih kepada Veteran, Warakawuri dan anak-anak Yatim Piatu serta berobat gratis.

Ikut dalam kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua Barat, perwakilan Basarnas, anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika, personel Kodam, pengurus Persit PD XVIII/Kasuari, perangkat Kampung Katebu beserta masyarakat sekitar. (Rilis Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top