banner bpkd 2024-rejangnews
Hari Pertama, Mahasiswa KKN IAIN Curup di Barat Wetan Kepahiang Gelar Lokal Karya Bersama Masyarakat

Hari Pertama, Mahasiswa KKN IAIN Curup di Barat Wetan Kepahiang Gelar Lokal Karya Bersama Masyarakat

Rejangnews.com || Kepahiang – Bertempat di Balai Desa Barat Wetan, kecamatan Kabawetan, kabupaten Kepahiang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup melaksanakan kegiatan lokal karya di hari pertama mereka.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka silahturahmi sekaligus perkenalan dan pemaparan Program Kerja Mahasiswa KKN bersama dengan unsur-unsur Pemerintahan Desa serta tokoh masyarakat dan pemuda-pemudi Desa Barat Wetan, Jum’at (14/07/2023).

Seperti disampaikan Ketua Kelompok KKN IAIN Curup Desa Barat Wetan, Rocky Kaprawi, kegiatan KKN merupakan salah satu wujud mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi ,yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat serta turut terjun langsung dalam membantu masyarakat.

Ia memaparkan, adapun beberapa agenda ataupun program kerja yang akan dilaksanakan oleh kelompok KKN mereka dalam 40 hari kedepan adalah, pertama Program kerja di bidang pendidikan, seperti taman baca islami dan membantu proses pembelajaran di SD, SMP, MTS di desa Barat Wetan.

“Kemudian ada kegiatan pembuatan kotak sampah untuk melestarikan lingkungan yang bersih, lalu mengadakan kegiatan lomba islami di perayaan tahun baru Islam,” papar Rocky.

Selain itu, mereka juga akan bersinergi dengan Karang Taruna, Risma dan Pemerintah desa dalam mengadakan berbagai kegiatan, seperti gotong royong, perlombaan kampung terbersih dan kegiatan perayaan 17 Agustus atau HUT Kemerdekan Republik Indonesia.

Sementara Kepala Desa Barat Wetan, Bejo, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dirinya beserta jajarannya sangat menerima dengan baik dan hangat atas kedatangan mahasiswa KKN di desa ini, semoga bisa menyesuaikan diri, baik dengan lingkungan, cuaca dan masyarakat setempat.

“Juga diharapkan dapat bersinergi dengan pemuda dan pemerintah desa dalam segala kegiatan yang akan datang, saya juga berpesan kepada mahasiswa jangan sungkan-sungkan untuk datang dan bertamu ke rumah- rumah warga di desa Barat Wetan ini,” ungkap Kades.

Untuk diketahui, Kelompok KKN desa Barat Wetan ini ada 9 mahasiswa yang terdiri dari 3 Laki-laki dan 6 Perempuan, tentunya berasal dari berbagai Fakultas dan Jurusan di kampus IAIN Curup, mereka adalah Nopi Supriyadi dan Desy Yolanda Putri dari Jurusan Ekonomi Syari’ah, lalu Mutiara Herleningsi dan Anggia Wisnata dari jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Selanjutnya Rocky Kaprawi dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Rijalul Haqqoliansa dari jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI), Lala Ausila dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Farly Agustina dari Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Invitah Khairani dari jurusan Perbankan Syariah.

Selain Kepala Desa, hadir juga dalam kegiatan Lokal Karya tersebut, sekretaris Desa dan unsur – unsur Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Badan Musyawarah Desa(BMA), serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Barat Wetan. (Ade)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top