Wisuda Mahasiswa AKN Rejang Lebong, Lahirkan Alumni Berkualitas

Rejangnews.com || Rejang Lebong – Di penghujung tahun 2020 Akademi Komunitas Negeri (AKN) Rejang Lebong, kembali melulusakan 17 mahasiswa Diploma Dua (D2), yang secara resmi menyandang gelar A.Ma (Ahli Muda). Demikian tampak pada kegiatan Wisuda AKN Rejang Lebong (RL), pada Rabu (23/12/2020) di kampus AKN RL, persisnya di kelurahan Simpang Nangka, kecamatan Selupu Rejang.

Meskipun di tengah Pandemi Covid – 19, pihak AKN RL tetap melaksanakan rapat senat terbuka wisuda angkatan ke – 7 tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, membatasi kehadiran keluarga mahasiswa. “Jadi yang boleh hadir hanya mahasiswanya saja, untuk menghindari kerumunan,” ungkap Direktur AKN RL, Ir Abdul Azis, MP.

Dijelaskan Abdul Azis, AKN RL merupakan sebuah kampus yang bergerak di bidang pendidikan vookasi yaitu pendidikan keterampilan yang siap bekerja. Sehingga, lulusan AKN diharapkan mampu menjadi wirausahawan yang handal dalam bidangnya. Meskipun, banyak juga yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lanjutnya, AKN RL juga sudah menjalin kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian yang berada di Cianjur Jawa Barat, sebagai salah satu wadah bagi mahasiswa AKN RL dalam meningkatkan keahlian keilmuan, sesuai bidang mereka masing – masing. Sehingga, pihaknya menjamin lulusan D2 Ahli Muda AKN RL adalah yang terbaik dan berkualitas.

“Lulusan AKN RL juga sudah banyak terbukti menjadi wirausawan di bidang hortikultura dan perikanan, bahkan ada yang bekerja di perusahaan swasta bidang hortikultura, dan perikanan, serta ada juga yang menjadi honorer di instansi pemerintah dan di berbagai dunia kerja lainnya,” jelas Direktur AKN RL.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur AKN RL, Risa Wentasari SP, M.Si menyampaikan, adapun rincian Program Studi (Prodi) yang diambil 17 wisudawan tersebut adalah, 5 wisudawan dari Prodi Budidaya Tanaman Hortikultur, lalu 4 wisudawan dari Prodi Teknologi Produksi Ternak Unggas, terakhir 8 wisudawan dari Prodi Budidaya Perikanan Air Tawar.

“Hingga saat ini AKN RL telah melahirkan 507 alumninya sejak lulusan pertama. Tapi, dari 507 orang lulusan tersebut terbagi dalam dua kategori yaitu, lulusan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Rejang Lebong (AKN) sebagai Program Studi diluar domisili sebanyak 427 alumni dan lulusan Akademi Rejang Lebong (Akrel) secara mandiri sebanyak 80 orang,” demikian Risa. (Ade)

Tinggalkan Balasan